Kategori
Otomotif

Apa itu Lithium Ferro Phosphate atau LFP yang Ditanyakan Gibran ke Cak Imin Saat Debat?

Sugeng rawuh Frontiersin Computational Physics di Website Kami!

Frontiersin Computational Physics – Dalam debat calon presiden keempat tadi malam, dibahas teknologi baterai kendaraan listrik Calon Wakil Presiden (Kawapress) Serial No. 02 Jibran Rakabuming Raka Kawapress Serial No. 1 Muhaimin Iskandar atau Kak Imin melontarkan pertanyaan terkait LFP. Apa itu Lithium Ferro Phosphate atau LFP yang Ditanyakan Gibran ke Cak Imin Saat Debat?

“Paslon #1 dan timnya sering menggaungkan LFP, lithium ferro phosphate. Saya tidak tahu kalau pasangan nomor 1 itu anti nikel,” kata Gibran saat debat Pilpres 2024, Minggu (21/1). di Pusat Konvensi Jakarta.” Isuzu Plaza Menyimpan Banyak Sejarah dan Teknologi Otomotif

Menurut Gibran, Indonesia mempunyai cadangan nikel terbesar di dunia sehingga bisa menjadi kekuatan. Lanjut membahas teknologi baterai LFP (Lithium Iron Phosphate), Gibran mengatakan hal itu sama saja dengan mempromosikan produk China.

“Kita Indonesia sekarang menjadi negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, itu kekuatan kita, tawar menawar kita, apalagi LFP, itu seperti mempromosikan produk China,” kata Gibran. ?

LFP adalah kependekan dari litium besi fosfat atau litium besi fosfat (LiFePO4). Baterai LFP, juga dikenal sebagai baterai lithium besi fosfat.

Dikutip dari PowerTech, Senin 22 Januari 2024, teknologi LFP atau LiFePO4 muncul pada tahun 1996, menggantikan teknologi baterai lainnya karena keunggulan teknologi dan tingkat keamanannya yang sangat tinggi.

Karena kepadatan daya yang tinggi, teknologi ini digunakan dalam aplikasi traksi berdaya sedang (robotika, AGV, e-mobilitas, pengiriman jarak jauh, dll.) atau aplikasi traksi berat (traksi laut, kendaraan industri, dll.).

Potensi umur panjang dan siklus yang dalam dari LFP memungkinkan penggunaan LiFePO4 dalam aplikasi penyimpanan energi (aplikasi yang berdiri sendiri, sistem off-grid, konsumsi mandiri dengan baterai) atau dalam penyimpanan stasioner secara umum. Keuntungan utama dari Lithium Iron Phosphate:

– Teknologi yang sangat aman (tidak ada pelepasan panas) – Toksisitas sangat rendah terhadap lingkungan (penggunaan besi, grafit, dan fosfat) – Masa pakai > 10 tahun – Siklus hidup: 2000 hingga beberapa ribu (lihat grafik di bawah) – Otonomi operasional Suhu: hingga 70°C hingga – resistansi internal sangat rendah. Stabilisasi atau bahkan pengurangan waktu siklus. – Daya konstan di seluruh rentang pelepasan – Teknologi daur ulang sederhana Siklus hidup Lithium Iron Phosphate (LiFePO4)

Teknologi litium besi fosfat memungkinkan jumlah siklus pengisian atau pengosongan maksimum. Inilah sebabnya mengapa teknologi ini terutama diadopsi dalam sistem penyimpanan energi tetap (konsumsi mandiri, off-grid, UPS, dll.) untuk aplikasi jangka panjang. Jumlah sebenarnya siklus yang dapat dilakukan bergantung pada beberapa faktor: Apa itu Lithium Ferro Phosphate atau LFP yang Ditanyakan Gibran ke Cak Imin Saat Debat?

– Kualitas sel litium – Tingkat daya pada laju C (laju 1°C berarti pengosongan penuh atau pengisian daya dalam 1 jam, 2°C sama tetapi dalam setengah jam) – Kedalaman pengosongan (DOD) – Kinerja lingkungan: suhu, kelembapan , dll. Kampanye Probo di Sulawesi Utara: Silakan pilih nomor dua Ribuan warga Llangowan ikut serta dalam kampanye. Frontiersin Computational Physics 5 Februari 2024