Kategori
Edukasi

Daerah Ini Raih Penghargaan Kota Layak Anak untuk Kedua Kalinya

Wecome Frontiersin Computational Physics di Situs Kami!

Sumatera Barat. Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, kembali meraih Penghargaan Kota Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Anak untuk kedua kalinya pada kategori Nindiya untuk anak. Daerah Ini Raih Penghargaan Kota Layak Anak untuk Kedua Kalinya

Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Jumat mengatakan, penghargaan sebagai kota baik untuk anak dengan rating Nindya membuktikan semakin besarnya dukungan seluruh masyarakat yang terlibat di kota Solok.

“Pembangunan ini bertujuan untuk mewujudkan hak dan perlindungan anak,” ujarnya. 7 Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Peran Masing-masing

Oleh karena itu, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama, khususnya Organisasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menjadi garda terdepan dalam melaksanakan program dan kegiatan perlindungan anak.

Lebih lanjut ia menambahkan, seluruh organisasi daerah, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan media saling bersinergi untuk mewujudkan masa depan Kota Solok yang akan mendapatkan hadiah utama kategori Kota Layak Anak.

Di masa lalu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Solok juga berupaya meningkatkan kapasitas Forum Anak sebagai leader dan media di bidang perlindungan anak.

Kota Solok juga memiliki Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Perlindungan Perempuan dan Anak, salah satu pasal dalam Undang-undang ini mengatur tentang peran dewan, anak kecil.

Selain itu, Forum Anak juga merupakan wujud kepedulian terhadap Kota Anak.

Setiap tahunnya Forum Anak turut serta dalam pembahasan rencana pembangunan daerah, mewakili suara anak-anak di Kota Solok, bahkan di awal tahun ini juga diadakan kampanye “Buppeda Dengar Suara Anak”.

Program-program yang dilaksanakan menunjukkan bahwa pemerintah daerah berkomitmen menjamin hak anak untuk berpartisipasi.

Sebelumnya, Wapres Soloka menerima penghargaan langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Mi Gusti Ayu Bintang Darmawati pada Malam Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023.

Penghargaan UAC memberikan penghargaan kepada daerah yang terlibat aktif dalam pemajuan hak-hak khusus dan perlindungan anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim PPPA Kementerian, tim Kementerian/Lembaga, dan tim independen.

Penilaian dilakukan untuk menilai efektivitas penerapan 24 indikator yang dipertimbangkan. Penghargaan UAC memiliki lima tingkatan: pratama, sedang, nindya, besar dan UAC. Daerah Ini Raih Penghargaan Kota Layak Anak untuk Kedua Kalinya

UAC Awards 2023 menunjukkan pertumbuhan di semua kategori dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan komitmen dan dedikasi para pemimpin daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk menjamin terwujudnya hak-hak khusus dan perlindungan anak di wilayahnya. (Antara) Komnas PA mewakili banyak panti asuhan yang jumlahnya tidak mencukupi di Jabodetabek. Rumah sakit dan panti jompo merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang berperan penting dalam menyediakan tempat berlindung dan kualitas hidup bagi anak-anak dan orang dewasa. Frontiersin Computational Physics 12 Februari 2024