Kategori
Kesehatan

Duh, Banyak Warga Gaza Kena Penyakit Menular gegara Krisis Air Bersih

Selamat datang Frontiersin Computational Physics di Website Kami!

Jakarta – Duh, Banyak Warga Gaza Kena Penyakit Menular gegara Krisis Air Bersih

Sama-sama Pereda Nyeri dan Demam, Kenali Perbedaan Paracetamol dan Ibuprofen

Sekitar 66 persen warga Gaza menderita penyakit yang ditularkan melalui air. Penyakit menular seperti kolera, diare kronis, dan penyakit usus sedang meningkat, menurut Otoritas Palestina untuk Kualitas Lingkungan pada Kamis (25/1/2024).

Menurut berita Arab, penyakit ini disebabkan oleh kurangnya air bersih dan ditutupnya seluruh instalasi pengolahan air. Hal ini semakin diperburuk dengan serangan militer Israel di wilayah pendudukan.

Sebuah laporan dari Badan Lingkungan Hidup Palestina menyatakan bahwa pemboman Israel menghancurkan sistem pembuangan limbah di Gaza, menyebabkan limbah meluap. Hal ini terutama terlihat pada kasus Danau Sheikh Radwan, yang kini rusak parah akibat kombinasi akumulasi air hujan dan limpasan.

“Situasi saat ini bukan hanya krisis kemanusiaan, tapi juga krisis lingkungan hidup,” kata laporan tersebut.

“Operasi militer Israel menghancurkan sekitar 50.000 pohon dan merusak banyak hektar lahan pertanian, pembibitan, dan pekarangan rumah,” lanjutnya.

Degradasi ini menyebabkan peningkatan penggurunan, hilangnya ekosistem, penurunan kualitas tanah dan peningkatan emisi karbon dioksida. Duh, Banyak Warga Gaza Kena Penyakit Menular gegara Krisis Air Bersih

Perang juga menyebabkan peningkatan limbah padat dan medis, meningkatkan emisi gas rumah kaca, dan berkontribusi terhadap dampak perubahan iklim. Tonton video “Siapa yang menunjukkan betapa miskinnya rumah sakit Nasser di Gaza” (sao/naf)